Ada yang tau ini tumbuhan apa ?

pohon-kayu-putih

Kaya kenal tapi jarang ditemuin juga kalo daerah pulau jawa. Ayo kirim jawaban Ketik REG _NANYA haha. Yaudah deh langsung aja cekidot ini dia namanya Gelam atau Kayu putih. Kita taunya pasti udah jadi didalam botol aja yah. Nama latinnya ni pohon Melaleuca leucadendra M. leucadendron , merupakan pohon anggota suku jambu-jambuan Myrtaceae yang dimanfaatkan sebagai sumber minyak kayu putih (cajuput oil). Minyak diekstrak (biasanya disuling dengan uap) terutama dari daun dan rantingnya. Kenapa namanya bisa kayu putih, padahal hijau kan daunnya ? Nah, namanya diambil dari warna batangnya yang emang putih. Kayu putih ini guys, terutama tumbuh baik di Indonesia bagian timur dan Australia bagian utara, namun demikian dapat pula diusahakan di daerah-daerah lain yang memiliki musim kemarau yang jelas. Minyak kayu putih mudah menguap. Pada hari yang panas orang yang berdekatan dengan pohon ini akan dapat membauinya dari jarak yang cukup jauh.

minyak-kayu-putih-600x500

Ada lima khasiat minyak kayu putih ini, seperti dikutip dari Bold Sky.

1. Mengobati Penyakit Kulit Minyak kayu putih termasuk pewangi alami terbaik yang bisa membantu penyembuhan penyakit kulit, seperti luka pada vagina atau infeksi kulit. Selain itu, minyak kayu putih bisa mengobati luka yang bernanah.

2. Merilekskan Tubuh Sebagai obat analgesik alami, minyak yang mempunyai aroma khas ini dapat mengurangi nyeri sendi, merilekskan pikiran, serta tubuh Anda. Jika Anda sedang banyak masalah, coba berendam dalam air panas yang ditetesi minyak kayu putih beraroma lavender. Cara ini akan membuat tubuh dan pikiran terasa ringan.

3. Menghaluskan Kulit Anda bisa memijat dengan minyak kayu putih supaya kulit lebih halus. Selain halus, minyak ini dapat menghilangkan flek atau tanda pada kulit. Untuk bahu dan punggung, pijat dengan minyak kayu putih yang mengandung vitamin E karena bisa memudahkan Anda saat memijat.

4. Anti-Bakteri Pakai minyak kayu putih setelah mencukur bulu yang tumbuh di atas permukaan kulit Anda. Minyak kayu putih dapat menenangkan kulit serta mencegah datangnya bakteri, virus, dan jamur. Di samping itu, minyak tersebut bisa mengobati infeksi kulit serius seperti candidiasis (biasa hidup di rongga mulut, vagina, dan usus).

5. Perawatan Kulit Minyak kayu putih bisa membuat kulit lebih halus dan lembut. Coba campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan krim untuk scrub. Lakukan perawatan ini secara teratur kalau ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

minyak kayu putih

Udah cukup jelas kan guys, awalnya suka kayu putih sih dari kecil emang suka pake setiap abis mandi & setiap mau tidur pasti ngisep tu kayu putih. Sampe – sampe dulu pas lagi kecil kayu putih masuk ke hidung ampe susah nafas, soalnya botol kayu putih jaman dulu kan beda belum pake model flip top. Nah , kalo sekarang mau ga ditutup lagi juga ga akan tumpah, yes. Mau kemana pun kampus, maen, tidur harus ada kayu putih, jadi semacam sakaw kalo ga ada haha.

Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Kayu_putih        http://wolipop.detik.com/read/2012/08/26/130140/1999154/234/5-manfaat-minyak-kayu-putih-bagi-tubuh